Waspada!! Kurang Tidur Membuat Anda...

Waspada!! Kurang Tidur Membuat Anda...
Ilustrasi

jpnn.com - KUALITAS tidur, salah satu hal yang jarang diprioritaskan. Meski kenyataannya kita tahu bahwa tidur sangat penting dalam kehidupan sehari-hari.

 

Mendapatkan tidur yang baik setiap malam merupakan suatu keharusan. Penelitian telah menemukan bagaimana sistem kekebalan tubuh tergantung pada kualitas tidur.

Mereka yang mendapatkan lima jam tidur atau kurang di malam hari, 50 persen lebih mungkin terserang infeksi. Penelitian mengumpulkan data dari 22.726 orang dewasa, mengenai kebiasaan hari kerja mereka pada 2005-2012.

Para peserta melaporkan berapa jam mereka istirahat setiap malam dan apakah pernah mengalami sakit dalam 30 hari terakhir.

Hasil penelitian mengungkapkan, bagaimana orang-orang yang tidur lima jam per malam atau kurang. Hasilnya, 17 persen lebih mungkin untuk terserang flu dan 51 persen lebih berpotensi mengembangkan beberapa jenis infeksi seperti flu atau pneumonia.

"Tidur memainkan peran yang sangat penting dalam mengatur dan menjaga sistem kekebalan tubuh yang efisien," kata penulis utama studi dan asisten profesor psikiatri dan direktur dari Pusat Kesehatan dan Masyarakat di University of California, Aric Prather, seperti dilansir laman Care2, Rabu (1/6).

Karena itu, bagi Anda yang selama ini menyepelekan waktu tidur, tampaknya harus berhati-hati. "Tidur secara konsisten bisa menjaga kesehatan Anda," pungkas Prather.(fny/chi/jpnn)

KUALITAS tidur, salah satu hal yang jarang diprioritaskan. Meski kenyataannya kita tahu bahwa tidur sangat penting dalam kehidupan sehari-hari.  

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News