Ternyata, Ini Loh Penyebab Menopause Dini

Ternyata, Ini Loh Penyebab Menopause Dini
ILUSTRASI. FOTO: Health

jpnn.com - Menopause merupakan proses alamiah yang akan dialami oleh wanita berusia di atas 45 tahun. Namun ada beberapa wanita yang mengalami menopause lebih awal dari perkiraan.

Bahkan usianya masih tergolong muda. Masa dimana berhentinya haid ini di usia yang relatif muda atau disebut dengan menopause dini.

Menopause dini kini semakin sering ditemui. Dulu hanya sekitar 1 persen wanita yang mengalami, kini meningkat hingga 6 persen. Gejala awal mungkin wanita akan mengalami haid yang datangnya tidak teratur, semburan panas, depresi serta mudah mengalami kelelahan.

Ada beberapa penyebab menopause dini atau premature ovarium failure (POF).

1. Ibu Anda juga mengalami menopause dini

“POF cenderung bersifat turunan," kata OBY-GYN, Dr. Shawn Tassone, MD, seperti dilansir laman Health, Rabu (1/6).

2. Genetic disorder

FMR1 adalah gen yang menyebabkan sindrom Fragile X, bentuk paling umum dari gangguan intelektual warisan bahkan jika Anda tidak memiliki sindrom tersebut Anda bisa memiliki mutasi pada gen yang sama yang menyebabkan masalah dengan ovarium Anda, yang mengarah ke insufisiensi ovarium primer-X yang rapuh.

3 Gangguan autoimun

Menopause merupakan proses alamiah yang akan dialami oleh wanita berusia di atas 45 tahun. Namun ada beberapa wanita yang mengalami menopause lebih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News