Waspada Leukemia Bisa Menyerang Tiba - Tiba

Waspada Leukemia Bisa Menyerang Tiba - Tiba
Darah. Ilustrasi Foto: pixabay

jpnn.com, SURABAYA - Mantan Ibu Negara Ani Yudhoyono masih terbaring sakit di National University Hospital (NUH) Singapore. Ibu negara keenam tersebut mengidap leukemia.

Menurut dokter spesialis penyakit dalam RS Adi Husada Kapasari dr Budi Herlianto SpPD, leukemia memang bisa menyerang seseorang secara tiba-tiba.

''Pada beberapa kejadian, malah tidak terdeteksi,'' katanya. Dia menyatakan pernah menangani seorang ibu yang terkena penyakit itu. Ibu tersebut baru mengetahuinya setelah lama mengidap penyakit itu.

''Gejalanya mudah lemas begitu saja,'' ucapnya. Ibu tersebut tak mengira bahwa gangguan ringan yang dialaminya ternyata disebabkan kanker darah. Untung, ibu itu mengetahui penyakitnya ketika fase awal sehingga bisa dilakukan tindakan.

Menurut Budi, leukemia adalah penyakit yang menyerang sel darah putih. Sel tersebut akan membuat jumlah darah putih meningkat tak beraturan.

Kemudian ''memakan'' sel darah seperti eritrosit dan trombosit. Akibatnya, seseorang mudah lemas dan gampang mengalami pendarahan.

''Sering kali muncul darah dari daerah hidung,'' kata alumnus FK Unair itu.

Budi menambahkan, ada beberapa faktor risiko yang memengaruhi terjadinya leukemia. Di antaranya, faktor radiasi, bahan kimia, gen, hingga virus.

Leukimia bisa menyerang seseorang mendadak dan pada kadar tertentu bisa mengakibatkan kematian.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News