Waspada, Lima Daerah di Lampung Berpotensi Cuaca Buruk

Waspada, Lima Daerah di Lampung Berpotensi Cuaca Buruk
Cuaca buruk terlihat saat sejumlah pengunjung menikmati liburan akhir pekan di Pantai Pondok Permai, Kabupaten Serdang Bedagai, baru-baru ini. Foto: SUMUT POS/jpg

jpnn.com, BANDAR LAMPUNG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan warga di Lampung untuk tetap mewaspadai dengan cuaca buruk.

Setidaknya, ada lima daerah yang berpotensi mengalami cuaca buruk.

Kasi Data dan Informasi BMKG Lampung Rudi Hariyanto mengatakan, lima daerah itu berpotensi terjadi hujan lebat dan angin kencang.

Kelimanya yakni Lampung Selatan, Pesawaran, Pesisir Barat, Lampung Utara, dan Lampung Barat. ’’Kalau dari data satelitnya, perkiraan hujan itu dari siang sampai malam,” ujarnya.

Karena itu, dia berharap langkah antisipasi dilakukan. Terutama bagi daerah yang berpotensi cuaca buruk. ’’Ya, antisipasi dilakukan. Terutama drainase dan pengetahuan terhadap bencana,” katanya semalam.

Pengaruh siklon tropis Dahlia, lanjut Rudi, juga belum sepenuhnya hilang. Angin kencang dan gelombang masih bisa terjadi satu-dua hari ke depan. ’’Pantauan, tingginya dari 2,5 meter sampai 4 meter,” sebutnya.

Ahli cuaca dan iklim dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Armi Susandi menilai Provinsi Lampung harus mewaspadai munculnya siklon badai baru. Menurutnya, kejadian serupa sangat mungkin terulang dalam waktu dekat. Paling cepat dalam 2-3 bulan, siklon tropis baru akan muncul dan menimbulkan dampak yang juga luar biasa. Bahkan bisa lebih buruk.

’’Dari beberapa data, terlihat intensitasnya semakin tinggi dan lokasinya kian mendekati wilayah Indonesia. Masih terbilang kecil. Tetapi kemungkinan membesar,” ungkap dosen lulusan Universitas Hamburg itu.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan warga di Lampung untuk tetap mewaspadai dengan cuaca buruk.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News