Waspada, Obesitas Bisa Picu Penyakit Liver

Waspada, Obesitas Bisa Picu Penyakit Liver
Obesitas. Foto:Health

jpnn.com - Obesitas merupakan penumpukan lemak berlebihan, sehingga membuat berat badan berada di atas rentang normal.

Jika Anda sedang berada pada kondisi ini sekarang, sebaiknya usahakan segera menurunkan berat badan. Jika tidak, risiko Anda untuk terkena penyakit liver akan meningkat.

Fakta menyebutkan, kasus penyakit liver, khususnya ketika sudah berada pada tahap kanker, telah meningkat dua kali lipat dalam 25 tahun terakhir di sejumlah negara maju.

Berdasarkan penelitian, salah satu keadaan yang memicu hal itu adalah epidemi obesitas yang semakin tinggi.

Bahkan negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Inggris, Australia, dan Kanada seakan ikut-ikutan dalam peningkatan jumlah kasus penyakit liver yang terjadi.

"Sementara tarif individu di negara-negara ini berbeda, trennya sama," kata pemimpin peneliti dari University Health Network dan University of Toronto, Morris Sherman.

Dari contoh empat negara maju tersebut, Inggris merupakan yang paling tinggi dengan 9,6 kasus dari 100.000 orang. Posisinya diikuti oleh Amerika Serikat (9,2), Australia (7,4), dan Kanada (6,0). Terkait fenomena itu, Cancer Research UK memprediksi peningkatan kasus bisa mencapai angka 40 persen pada 2035.

"Sementara epidemi obesitas tidak menunjukkan tanda-tanda mereda, kita bisa melakukan antisipasi penyakit liver di masa depan dengan melakukan skrining dan sejumlah upaya lainnya," ungkap Sherman.

Usai berkonsultasi dengan dokter, Anda akan diminta melakukan sejumlah hal terkait perubahan perilaku sehari-hari.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News