3 Hal Tak Terduga Penyebab Obesitas

3 Hal Tak Terduga Penyebab Obesitas
Penderita obesitas. Foto/ilustrasi: Daily Telegraph

jpnn.com - Obesitas atau berat badan berlebih terus menjadi perkara yang semakin sering terjadi. Dari anak hingga lanjut usia, baik pria maupun wanita berisiko mengalami kondisi ini. Apakah Anda salah satunya?

Obesitas terjadi ketika tubuh menumpuk lemak dalam jumlah berlebih. Tak sekadar masalah ukuran tubuh, keadaan ini juga menjadi salah satu faktor risiko dari berbagai penyakit mematikan, seperti penyakit jantung, stroke dan diabetes.

Bagaimana mendeteksi obesitas?

Penilaian berat badan ideal secara umum dilakukan dengan menghitung Indeks Massa Tubuh (IMT). Rumus penghitungannya adalah: Berat badan (kg) dibagi tinggi badan (m2).

“Angka kejadian obesitas semakin meningkat dari tahun ke tahun. Penyebabnya adalah penumpukan lemak berlebih di dalam tubuh. Biasanya hal ini dipicu karena ketidakseimbangan antara asupan makanan dan pengeluaran energi,” ujar dr. Reza Pahlevi dari KlikDokter.

Penyebab obesitas yang tak terduga

Secara sederhana, obesitas terjadi karena asupan makanan yang berlebihan tidak diimbangi dengan aktivitas fisik. Namun faktanya, kondisi ini juga bisa disebabkan oleh banyak hal selain itu.

Dilansir dari BBC, inilah tiga hal tak terduga yang menjadi penyebab obesitas atau berat badan berlebih:

Tak sekadar masalah ukuran tubuh, keadaan ini juga menjadi salah satu faktor risiko dari berbagai penyakit mematikan, seperti penyakit jantung, stroke.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News