Waspada, Peran Ganda pada Wanita Picu Depresi

Waspada, Peran Ganda pada Wanita Picu Depresi
Depresi. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Stres bisa jadi pemicu munculnya serangan jantung di kalangan wanita milenial. Stres yang terjadi pada wanita milenial disebabkan oleh peran ganda yang diemban para wanita, yakni mengurus keluarga dan pekerjaan.

Para wanita pun kerap kali menomorduakan kesehatannya. Padahal, jika stres dibiarkan tertahan selama bertahun-tahun, hal tersebut akan berujung pada depresi yang akan semakin meningkatkan risiko terkena penyakit jantung.

Wanita yang menderita depresi umumnya mengalami kesulitan mengikuti pedoman yang direkomendasikan untuk menjaga kesehatan jantung. Mereka juga cenderung menarik diri dari orang-orang yang mendukungnya, seperti keluarga, teman, dan dokter.

Untuk beberapa kasus depresi, ini juga bisa membuat mereka mengambil tindakan pengalihan stres, seperti merokok dan banyak minum alkohol. Padahal, semakin sering merokok dan minum alkohol, semakin cepat pula serangan jantung itu muncul.

Wanita penderita penyakit jantung yang juga mengalami depresi akan lebih ogah-ogahan untuk pergi melakukan perawatan lanjutan atau sekadar minum obat yang direkomendasikan dokter. Akibatnya, komplikasi penyakit bisa hadir kapan saja.

Oleh sebab itu, untuk menurunkan angka penyakit jantung dan depresi pada wanita milenial, ada baiknya Anda melakukan beberapa hal di bawah ini, yaitu:

1. Kelola stres Anda dengan melakukan meditasi, yoga, tai chi, relaksasi, dan berani menentukan prioritas (tidak semuanya diambil penuh). Sediakanlah waktu untuk memanjakan diri sendiri supaya Anda tidak selalu merasa tertekan.

2. Pertahankan berat badan ideal dan jangan malas bergerak.

Meski banyak penelitian yang menyatakan bahwa wanita milenial rentan terkena depresidan serangan jantung, bukan berarti Anda tidak bisa melakukan apa pun.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News