Jangan Olahraga Jika Anda Kurang Tidur, Ini 5 Bahayanya

Jangan Olahraga Jika Anda Kurang Tidur, Ini 5 Bahayanya
Ilustrasi olahraga. Foto: Pixabay

jpnn.com - Apakah Anda termasuk orang yang rutin olahraga? Jika ya, Anda berarti telah melakukan langkah awal untuk memiliki tubuh yang sehat dan bugar.

Namun, Anda tetap harus berhati-hati. Pasalnya, olahraga yang dilakukan tidak pada 'tempatnya' justru bisa menyeret Anda pada hal-hal yang tidak diinginkan.

Sejumlah pakar kesehatan setuju bahwa menjaga tubuh tetap sehat dan bugar membutuhkan keseimbangan. Jadi, jika Anda kurang tidur atau tubuh terasa sangat kelelahan, tahan diri dan beristirahatlah.

Pasalnya jika Anda tetap memaksakan diri untuk berolahraga padahal tubuh sedang tidak mendukung, berikut beberapa kerugian yang akan terjadi kemudian:

1. Performa di bawah standar

Kurang tidur satu kali saja bisa sangat memengaruhi sesi olahraga Anda. Suatu studi yang diterbitkan dalam International Journal of Occupational Medicine and Environmental Health menyebut bahwa reaksi Anda akan menurun, serta performa dalam tugas seperti menyetir dan mengoperasikan mesin pun ikut berkurang.

Selain itu, fungsi kognitif akan ikut terpengaruh sehingga Anda semakin sulit untuk membuat keputusan. Anda pun akan mengalami gangguan pada memori, dan lebih sensitif terhadap nyeri sehingga sesi olahraga yang dilakukan akan terasa lebih berat daripada biasanya.

Pada studi lain, satu malam tanpa tidur terbukti dapat menurunkan performa dalam daya tahan terhadap olahraga, serta meningkatnya derajat tenaga yang harus dikeluarkan.

Anda yang kurang tidur atau kelelahan sebaiknya menahan diri untuk tidak melakukan olahraga sama sekali. Jangan memaksakan diri.

Sumber Klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News