Waspada, Rekrutmen Palsu Mengatasnamakan PT Pegadaian

Waspada, Rekrutmen Palsu Mengatasnamakan PT Pegadaian
Ilustrasi Pegadaian. Foto: Jawa Pos/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Masyarakat diminta lebih berhati-hati terhadap penerimaan pegawai PT Pegadaian, terutama yang meminta sejumlah biaya.

Humas PT Pegadaian Basuki Tri Andayani menjelaskan, rekrutmen karyawan dengan meminta sejumlah uang kepada masyarakat merupakan bentuk penipuan.

“Dalam setiap proses rekrutmen karyawan, Pegadaian selalu mengumumkan secara terbuka melalui surat kabar atau website resmi perusahaan www.pegadaian.co.id. Pegadaian tidak memungut biaya serta tidak bekerja sama dengan biro perjalanan atau travel manapun,” ujar Basuki dalam siaran persnya, Kamis (28/9).

Bila masyarakat mendapatkan informasi tersebut, Basuki mengimbau agar melakukan konfirmasi ke kantor Pegadaian terdekat atau menghubungi Kantor Pusat PT Pegadaian.

Pasalnya, belakangan ini di beberapa daerah muncul berita-berita bohong (hoax) baik melalui email maupun media sosial tentang rekrutmen karyawan PT Pegadaian.

Kemudian para peserta diminta mengirimkan sejumlah uang untuk biaya transportasi dan akomodasi. Dalam berita tersebut juga disebutkan salah satu biro perjalanan yang seolah-olah ditunjuk sebagai mitra Pegadaian.

“Kami menghimbau agar masyarakat hati-hati dan tidak mudah percaya. Apabila ada masyarakat yang telah menjadi kurban penipuan tersebut agar melaporkan kepada yang berwajib,” kata Basuki.(chi/jpnn)


Masyarakat diimbau lebih berhati-hati jika mendapat informasi terkait rekrutmen pegawai PT Pegadaian.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News