Waspada, Wilayah di Jakarta Ini Rawan Longsor

Waspada, Wilayah di Jakarta Ini Rawan Longsor
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta memperkirakan sejumlah wilayah di ibu kota berpotensi terjadi gerakan tanah yang bisa mengakibatkan longsor. Ilustrasi Foto: dokumentasi BNPB

jpnn.com, JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta memperkirakan sejumlah wilayah di ibu kota berpotensi terjadi gerakan tanah yang bisa mengakibatkan longsor.

Dalam akun instagram resmi @bpbddkijakarta, disebutkan informasi mengenai longsor tersebut diperoleh dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Menurut informasi dari PVMBG (Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi), beberapa daerah di  DKI Jakarta berada di Zona Menengah.

Untuk Jakarta Selatan, meliputi wilayah Kecamatan Cilandak, Jagakarsa, Kebayoran Baru, Kebayoran Lama, Mampang Prapatan, Pancoran, Pasar Minggu, dan Pesanggrahan.

Lalu di Jakarta Timur, longsor diperkirakan terjadi di seputaran wilayah Kecamatan Kramatjati dan Pasar Rebo.

“Pada Zona Menengah, dapat terjadi gerakan tanah jika curah hujan di atas normal,” tulis akun @bpbddkijakarta, dikutip Jumat (2/12).

Longsor di Zona Menengah rentan terjadi terutama pada daerah yang berbatasan dengan lembah sungai, gawir, tebing jalan, atau jika lereng mengalami gangguan.

Sementara pada Zona Tinggi, gerakan tanah lama dapat aktif kembali.

Masyarakat DKI Jakarta diimbau untuk tetap mengantisipasi adanya potensi gerakan tanah pada saat curah hujan di atas normal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News