Waspadai 4 Tanda Serangan Jantung Saat Olahraga

Waspadai 4 Tanda Serangan Jantung Saat Olahraga
Ilustrasi serangan jantung. Foto: Pixabay

jpnn.com - Olahraga memang sering disebut sebagai salah satu kunci untuk menjalani gaya hidup sehat. Tapi, bukan berarti tidak ada risiko yang mengancam saat berolahraga, salah satunya serangan jantung.

Gejala-gejala serangan jantung saat olahraga

Karena itu, penting bagi Anda untuk mengenali gejala-gejala serangan jantung yang mungkin terjadi saat berolahraga. Menurut dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter, pada saat seseorang berolahraga, terjadi peningkatan kerja jantung, sehingga risiko serangan jantung pun meningkat.

Baca Juga:

Risiko ini memang jauh lebih besar pada orang yang tidak biasa berolahraga dibanding dengan mereka yang memang sudah rutin melakukannya. Pada orang yang tidak biasa berolahraga, risikonya meningkat hingga 50 kali lipat. Tentu saja, bila serangan jantung terjadi dan tidak tertangani dengan cepat dan tepat, maka akibatnya bisa sangat fatal.

Sebenarnya, Anda pun dapat menyelamatkan diri Anda sendiri jika bisa mengenali gejala-gejala timbulnya serangan jantung sejak menit-menit awal berolahraga. Berikut adalah beberapa tanda dan gejala awal serangan jantung yang mungkin timbul saat Anda berolahraga:

1. Rasa tidak nyaman di dada

Bukan hanya rasa nyeri yang bisa menjadi indikasi adanya gangguan atau serangan jantung saat berolahraga. Perasaan berat, panas, atau tidak nyaman di dada juga bisa menjadi indikasi lain. Jangan sepelekan “jeritan” awal jantung di detik pertama Anda merasakannya.

2. Sesak napas

Pada orang yang tidak biasa berolahraga, risikonya meningkat hingga 50 kali lipat. Tentu saja, bila serangan jantung terjadi dan tidak tertangani dengan cepat dan tepat, maka akibatnya bisa sangat fatal.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News