Waspadai 5 Gangguan Kesehatan Ini Saat Bulan Puasa

Waspadai 5 Gangguan Kesehatan Ini Saat Bulan Puasa
Radang tenggorokan. Foto: Ilustrasi/kalerkantho

jpnn.com - Saat bulan Ramadan tiba umat Muslim di seluruh dunia diwajibkan untuk berpuasa. Ada banyak klaim bahkan penelitian yang membuktikan bahwa puasa membawa manfaat bagi kesehatan. Meski begitu, jika seseorang tidak mempersiapkan kondisinya dengan baik saat berpuasa, ada pula beragam gangguan kesehatan yang mengintai.

Biasanya penyakit tersebut memang cenderung mudah menyerang dan tingkat kejadiannya lebih tinggi saat bulan puasa.

Berikut adalah beberapa penyakit atau gangguan kesehatan yang lebih sering terjadi saat bula puasa:

1. Mag

Anda yang memiliki riwayat penyakit mag harus berhati-hati dalam mengatur pola makan sehari-hari, khususnya jika Anda berpuasa di bulan Ramadan ini. Penderita mag harus pintar-pintar menyiasati pola makan agar penyakit ini tidak kambuh.

Faktanya, perut yang kosong selama kurang lebih 13 jam selama puasa, memungkinkan asam lambung bergejolak. Jika Anda tidak ingin mengalami kondisi ini, hindari mengonsumsi makanan bersantan atau lemak, bersoda, bergas, berkafein. Selain itu juga hindari makanan yang terlalu asam atau pedas saat sahur maupun berbuka puasa.

Ingat juga untuk tidak makan berlebihan saat sahur maupun berbuka, karena akan membuat perut begah dan tidak nyaman seharian. Terakhir, jangan lupa untuk mengonsumsi obat mag saat sahur, berbuka, ataupun sebelum tidur sesuai dengan anjuran dokter.

2. Bau mulut

Biasanya penyakit tersebut memang cenderung mudah menyerang dan tingkat kejadiannya lebih tinggi saat bulan puasa.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News