Waspadai Benjolan Abnormal Payudara, Deteksi Lewat Sentuhan 

Waspadai Benjolan Abnormal Payudara, Deteksi Lewat Sentuhan 
Benjolan di payudara. Ilustrasi: Ayatollah Antoni/JPNN.Com

jpnn.com, BEKASI - Para perempuan harus mewaspadai benjolan abnormal payudara. Menurut dr. Leila Lengkong Sp.B., benjolan ini bisa diketahui melalui sentuhan.

Jaringan abnormal tersebut akan terasa padat atau menggumpal berisi cairan jika diraba atau disentuh. 

Dikatakan dr. Leila, konsistensi benjolan tergantung pada jenisnya dan umumnya dialami para wanita.

"Namun, mengacu data penelitian, benjolan juga bisa terjadi di kalangan pria," kata Leila Lengkong, dokter spesialis bedah di Siloam Hospitals Bekasi Sepanjang Jaya, Kamis (24/11)

Secara harfiah, dapat disebabkan antara lain faktor keturunan, lingkungan tempat tinggal, paparan radiasi, konsumsi makanan yang diawetkan dan lainnya. 

Gejala secara spesifik, lanjutnya hampir tidak ada ketika proses benjolan terbentuk. Artinya, deteksi dini adalah penting karena akan diketahui setelah terlihat benjolan atau melakukan SADARI (periksa payudara sendiri) dan SADANIS (periksa payudara klinis) yang dilakukan berkala.

Pada tahapan deteksi, dokter akan melakukan pemeriksaan penunjang guna menegakkan diagnosis, yaitu Ultrasonografi (USG), Mammographi, Duktografi atau Galaktografi, dan Biopsi

Dokter Leila, memastikan kista merupakan benjolan berisi cairan terbentuk akibat penumpukan cairan di dalam kelenjar payudara. Ini merupakan salah satu penyebab.

Waspadai benjolan abnormal payudara,  deteksi lewat sentuhan, simak penjelasan dokter spesialis bedah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News