Untuk Pria dan Wanita, Ada yang Harus Diketahui terkait Benjolan di Dada

Untuk Pria dan Wanita, Ada yang Harus Diketahui terkait Benjolan di Dada
Konsultan Bedah Payudara & Endokrin di RS Gleneagles Kuala Lumpur Dr. Harjit Kaur Perdamen. Foto: Ist for JPNN

jpnn.com - BENJOLAN di areola atau area di sekitar puting bisa terjadi pada pria dan wanita. Benjolan ini mungkin efek dari infeksi lokal atau jaringan dasar payudara.

Konsultan Bedah Payudara & Endokrin di RS Gleneagles Kuala Lumpur Dr. Harjit Kaur Perdamen menjelaskan ada tujuh hal yang perlu diketahui oleh masyarakat umum tentang benjolan di sekitar areola:

1.Margin areola dibatasi oleh kelenjar sebaceous/minyak di bawah kulit

Kelenjar ini bisa tersumbat dan meradang sehingga terjadi pembengkakan merah yang menyakitkan. Jika tidak diobati dapat berkembang menjadi abses. Penyebab lain benjolan di daerah ini adalah kista, papiloma, tumor jinak atau ganas di bawah areola.

Abses payudara selama menyusui juga merupakan penyebab umum benjolan nyeri di areola. Hal ini terjadi sebagai akibat pembengkakan payudara yang berkepanjangan, sumbatan mekanis pada saluran keluar atau infeksi akibat puting pecah-pecah.

2. Benjolan di areola dapat menyebabkan nyeri payudara

Gejala umum lainnya selain rasa sakit adalah eritema (kemerahan), demam dan keluarnya benjolan jika terinfeksi. Jika tidak, bisa timbul benjolan yang tidak nyeri.

3. Ultrasonografi payudara atau mammogram memberi dokter informasi lebih lanjut

Kelenjar ini bisa tersumbat dan meradang sehingga terjadi pembengkakan merah yang menyakitkan di dada baik pria maupun wanita.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News