JPNN.com

Waspadai Cuaca Buruk, Utamakan Keselamatan Pelayaran

Sabtu, 05 Januari 2019 – 12:04 WIB Waspadai Cuaca Buruk, Utamakan Keselamatan Pelayaran - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorogi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis informasi terkait peringatan dini gelombang tinggi yang akan terjadi di Perairan Selatan Kalimantan, Laut Jawa dan Perairan Utara Jawa Tengah.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut, R. Agus H. Purnomo mengingatkan agar semua pihak, baik operator dan masyarakat pengguna jasa transportasi laut mewaspadai terjadinya cuaca buruk.

"Cuaca buruk yang mengakibatkan gelombang tinggi masih terjadi di sejumlah perairan Indonesia. Ini harus diwaspadai oleh operator dan masyarakat. Selalu mengutamakan keselamatan pelayaran dan ikuti petunjuk petugas di pelabuhan," ujar Agus dalam siaran persnya, Sabtu (5/1).

Agus juga menginstruksikan kepada para petugas di pelabuhan agar selalu memberikan informasi kepada calon penumpang kapal terkait kondisi cuaca dan jadwal keberangkatan kapal.

Bagi masyarakat yang akan berlayar juga harus diberikan pengertian kepada calon penumpang terkait keselamatan pelayaran jika ada penundaan keberangkatan kapal.

"Ini harus terus diedukasi agar masyarakat semakin sadar bahwa pemerintah sangat peduli dengan keselamatan pelayaran yang harus didukung oleh operator kapal dan tentunya masyarakat," jelas Agus.(chi/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...