Waspadai Kuman yang Mengincar Mainan Bebek Karet

Waspadai Kuman yang Mengincar Mainan Bebek Karet
Mainan bebek karet.

jpnn.com - Bebek karet menjadi mainan kesukaan anak-anak pada saat mereka mandi.

Namun tahukah Anda? Sobat karet ini mungkin tidak begitu bersih loh.

Mainan menggemaskan ini sebenarnya bisa menjadi pusat bagi kuman berlendir, menurut sebuah studi yang diterbitkan di jurnal NPJ Biofilms and Microbiomes.

Para peneliti Swiss dan Amerika menguji 19 mainan mandi yang berbeda dan semuanya "mengungkapkan biofilm yang terkenal" - atau lapisan tipis bakteri - di permukaan dalamnya.

"Mainan ini biasanya digunakan oleh anak-anak, yang merupakan pengguna yang berpotensi sensitif dan rentan. Memainkan mereka saat anak Anda tengah mandi dengan potongan biofilm ke wajah mereka bisa menyebabkan mata, telinga, luka atau bahkan infeksi saluran pencernaan," tulis para peneliti.

Studi ini menunjukkan kombinasi air mandi yang sering terkontaminasi dengan cairan tubuh manusia (seperti urin), produk perawatan dan kotoran lainnya - dan "bahan plastik fleksibel" itu membuat bebek karet menjadi surga kutu.

"Untuk menempatkan hal-hal sedikit ke dalam perspektif, Anda dan saya dan setiap manusia lainnya di planet ini hidup di dunia germy," kata seorang spesialis penyakit menular di Vanderbilt University Medical Center, William Schaffner, seperti dilansir laman Today.

Philip Tierno, profesor mikrobiologi dan patologi di NYU School of Medicine dan penulis "The Secret Life of Germs," ??mengungkapkan sentimen serupa.

Tahukah Anda bahwa ada banyak kuman mengincar mainan bebek karet yang kerap menemani anak-anak mandi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News