Waspadai Masuknya Daging Selundupan

Waspadai Masuknya Daging Selundupan
Waspadai Masuknya Daging Selundupan
PONTIANAK--Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat mewaspadai upaya penyelundupan daging dan unggas yang dikhawatirkan membawa virus. Terlebih menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru, dipastikan kebutuhan daging akan meningkat. Maka razia daging bakal digelar ke sejumlah lapak pedagang pasar tradisional mulai 22-24 Desember.

"Ya kita akan mulai razia pasar. Kita gelar selama tiga hari menjelang Natal, guna meninjau aspek kesehatan dan keamanannya," ujar Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kalimantan Barat Abdul Manaf Mustafa.

Menurut dia, stok daging untuk liburan Natal dan Tahun Baru di Kalbar cukup. Daging babi sudah mampu dipenuhi oleh peternak lokal. Termasuk daging sapi dan ayam. Namun khusus unggas, tidak diperkenankan masuk dari luar daerah. Untuk antisipasi penyebaran virus flu burung. "Selama ini kita tidak ada impor unggas," ucapnya.

Selain menolak masuknya unggas dari luar daerah sejak 1 Desember 2012, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kalbar juga intensif mengawasi masuknya daging selundupan dari Sarawak, Malaysia. Pasalnya, daging ilegal tidak memiliki jaminan kesehatan dan bisa menjadi media pembawa virus.

"Kita perketat daerah perbatasan, sehingga daging dan ikan yang masuk semua dalam kondisi aman," kata Manaf.

PONTIANAK--Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat mewaspadai upaya penyelundupan daging dan unggas yang dikhawatirkan membawa virus. Terlebih menjelang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News