Penyerapan Belanja Modal Rendah

Penyerapan Belanja Modal Rendah
Penyerapan Belanja Modal Rendah
JAKARTA - Penyerapan anggaran seperti menjadi penyakit yang tak kunjung bisa disembuhkan. Parahnya, pos dengan serapan paling seret adalah belanja modal, yang harusnya memberi daya dorong paling besar bagi perekonomian.

Wakil Menteri Keuangan Anny Ratnawati mengatakan, dari enam pos belanja dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Perubahan 2012, realisasi serapan belanja modal merupakan yang terendah. "Per 20 Desember, baru Rp 123,5 triliun atau 70,2 persen dari pagu anggaran," ujarnya Senin  (23/12).

Serapan rendah juga terjadi di pos belanja barang yang juga memiliki daya dorong pada perekonomian. Data Kementerian Keuangan menunjukkan, realisasi belanja barang baru sebesar Rp 120,7 triliun atau 74,5 persen.

Selanjutnya, serapan pos pembayaran utang tercatat sebesar Rp 99,8 triliun atau 84,8 persen dari pagu. Ini terkait dengan pembayaran bunga utang, baik domestik maupun luar negeri, melalui surat utang negara (SUN) atau surat berharga negara (SBN).

JAKARTA - Penyerapan anggaran seperti menjadi penyakit yang tak kunjung bisa disembuhkan. Parahnya, pos dengan serapan paling seret adalah belanja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News