Kamis, 20 Juni 2019 – 10:45 WIB

Waspadai Penyakit Cacar Monyet, Menkes: Hati-hati dengan Binatang

Selasa, 14 Mei 2019 – 20:59 WIB
Waspadai Penyakit Cacar Monyet, Menkes: Hati-hati dengan Binatang - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mengingatkan masyarakat berhati-hati dengan penyakit human monkeypox atau cacar monyet yang penyebarannya menular dari hewan ke manusia (zoonosis).

Penyakit yang semula hanya ditemukan di Afrika, kini dikhawatirkan sudah merambah ke Indonesia.

"Kami khawatir karena saat ini sudah sampai di Singapura. Kami dari kantor kesehatan pelabuhan Batam, pintu masuk utama dari Singapura, kami perkuat," ucap Nila di Istana Negara, Jakarta pada Selasa (14/5).

Dia menjelaskan, dari 10 penyakit temuan internasional terakhir, enam di antara ditularkan oleh hewan. Termasuk penyakit cacar monyet ini.

BACA JUGA: Politikus PAN Nilai Investigasi dari Kemenkes Terlambat

 

Untuk itu, masyarakat diingatkan untuk berhati-hati terhadap keberadaan binatang di sekitarnya.

"Ini hati-hati sama binatang. Tapi tetap harus berperikebinatangan. Memang binatangnya itu biasanya, cacar monyet ini ya, bukan dari monyet saja, bisa dari tikus, gigitan tupai juga bisa dan melalui darah dan kulit hewan yang terinfeksi," terangnya.

Nila memastikan upaya maksimal dari pemerintah untuk mencegah masuknya penyakit tersebut ke tanah air. Langkah utamanya dengan memperkuat pengawasan di pintu-pintu masuk dari luar negeri, baik pelabuhan maupun bandara.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar