Wawali Imam Beber Cara Pemkot Depok Tekan Laju Kasus HIV/AIDS

Wawali Imam Beber Cara Pemkot Depok Tekan Laju Kasus HIV/AIDS
Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono saat menyampaikan sambutan di acara peringatan Hari AIDS Sedunia di aula Teratai Gedung Balai Kota, Rabu (1/12). Foto: Lutviatul Fauziah/JPNN.com.

jpnn.com, DEPOK - Kecamatan Pancoran Mas merupakan wilayah terbanyak terdapat kasus HIV/AIDS dari 11 kecamatan yang ada di Kota Depok.

Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Depok menyebutkan di Pancoran Mas tercatat sebanyak 227 ODHA (Orang dengan HIV AIDS)

Disusul Kecamatan Cimanggis 210 ODHA, dan Kecamatan Sukmajaya 194 ODHA.

KPA Depok juga menyampaikan sejak 2013 hingga September 2021 terdapat sebanyak 1.244 kasus HIV/AIDS.

Dari jumlah 1.244 tersebut, 904 berjenis kelamin laki-laki dan 340 perempuan. Tercatat ada 122 ODHA yang meninggal dunia, yakni 74 laki-laki dan 38 perempuan.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Wali Kota (Wawali) Depok Imam Budi Hartono mengatakan tidak ada cara lain yang harus dilakukan untuk mencegah HIV AIDS yang hingga kini belum ada obatnya.

“Harus kita hindari dan jangan melakukan hubungan seks secara sembarangan, harus sesuai dengan pasangannya yang resmi dalam perkawinan,” kata Wawali Imam pada acara peringatan Hari AIDS Sedunia di aula Teratai Gedung Balai Kota, Rabu (1/12).

Pemkot Depok juga melakukan pendampingan kepada ODHA berkolaborasi dengan pentahelix seperti dunia usaha, media, akademis, pemerintahan, MUI hingga komunitas dan LSM.

Pemkot Depok terus berupaya menekan laju kasus HIV/AIDS. Sejak 2013 hingga saat ini terdapat 1.244 kasus di wilayah tersebut.