Webinar MIPI Bagikan Pemahaman Ilmu Pemerintahan, Menghadirkan Prof Ngadisah

Webinar MIPI Bagikan Pemahaman Ilmu Pemerintahan, Menghadirkan Prof Ngadisah
Webinar MIPI edisi Sabtu (1/4) menghadirkan Guru Besar IPDN Profesor Ngadisah sebagai narasumber. Foto: tangkapan layar zoom

jpnn.com - JAKARTA - Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia (MIPI) terus membagikan pemahaman tentang ilmu pemerintahan kepada publik melalui webinar.

Webinar MIPI edisi Sabtu (1/4) mengangkat tema, “Memahami Ilmu Pemerintahan dari Aspek Filsafat Ilmu”, menghadirkan Guru Besar Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Profesor Ngadisah sebagai narasumber.

Ketua Umum (Ketum) MIPI Bahtiar saat membuka webinar mengatakan, tema terkait filsafat menjadi kajian yang mendasar untuk dipelajari.

Apalagi, lanjutnya, tidak banyak ilmuwan yang mampu menjelaskan ilmu pemerintahan dari segi filsafat ilmu.

Oleh karena itu, hal tersebut perlu dibahas, apalagi webinar seri kali ini mendatangkan narasumber yang sudah lama bergelut dengan ilmu pemerintahan dan pernah menjabat sebagai rektor IPDN (periode 2008-2009).

“Ilmu pemerintahan ini tidak sama dengan disiplin ilmu lainnya. Literatur kemudian para guru besar atau ilmuan yang tersedia itu cukup banyak. Ilmu pemerintahan ini menjadi disiplin ilmu yang mandiri di Indonesia, itu mungkin belum dikenal oleh publik,” kata Bahtiar.

Birokrat bergelar doktor Ilmu Pemerintahan itu menjelaskan, filsafat yang di dalamnya ada ontologi, epistemologi, dan aksiologi dapat digunakan sebagai “alat bedah” dalam mempelajari ilmu pemerintahan.

Dengan menggunakan filsafat, body of knowledge dari ilmu pemerintahan dapat dipelajari struktur yang terkandung di dalamnya.

Webinar Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia atau MIP) terus membagikan pemahaman tentang ilmu pemerintahan. Simak paparan Prof Ngadisah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News