Webinar MIPI Menghadirkan Guru Besar Ilmu Hukum Pemerintahan, Simak Penjelasannya

Webinar MIPI Menghadirkan Guru Besar Ilmu Hukum Pemerintahan, Simak Penjelasannya
Guru Besar Ilmu Hukum Tata Pemerintahan Universitas Padjajaran Nandang Alamsah Deliarnoor. Foto: tangkapan layar zoom

jpnn.com - JAKARTA - Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia (MIPI) menggelar webinar "Memahami Ilmu Pemerintah dari Sudut Hukum Pemerintahan", Sabtu (25/3).

Webinar yang dimoderatori Astri Megatari ini menghadirkan Guru Besar Ilmu Hukum Tata Pemerintahan Universitas Padjajaran (Unpad) Nandang Alamsah Deliarnoor sebagai narasumber.

Membuka webinar, Ketua Umum (Ketum) MIPI Bahtiar mengatakan, tema ini penting disampaikan sebagai tanggung jawab moral MIPI untuk memberikan pemahaman terkait ilmu pemerintahan kepada publik.

Dikatakan, ilmu pemerintahan tidak hanya berguna bagi pembelajar ilmu pemerintahan, tetapi juga bagi praktisi dan masyarakat pada umumnya.

“Bagaimana ilmu pemerintahan itu berkembang di Indonesia, mungkin juga ada tantangannya dan lain sebagainya. Dengan ini orang tertarik untuk belajar lebih dalam lagi tentang ilmu pemerintahan,” kata Bahtiar.

Nandang Alamsah Deliarnoor dalam papaerannya menjelaskan, hukum pemerintahan adalah sekumpulan asas, kaidah, institusi, juga proses untuk mengatur dan menguji relasi hubungan yang memerintah dan yang diperintah dalam berbagai variannya.

“Asas dan kaidah ini merupakan satu kesatuan yang tidak boleh lepas dari pendefinisian tentang hukum,” ujar Prof Nandang.

Dia menyebut, asas dan kaidah pemerintahan tertinggi ialah konstitusi. Menurut C.F. Strong, konstitusi adalah suatu kumpulan asas-asas yang menyelenggarakan kekuasaan pemerintahan, hak-hak dari yang diperintah, dan hubungan antara pemerintah dan yang diperintah.

Webinar Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia (MIPI) membahas tentang hukum pemerintahan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News