Wikipedia Zero, Wikipedia Versi SMS

Wikipedia Zero, Wikipedia Versi SMS
Wikipedia Zero, Wikipedia Versi SMS

jpnn.com - PALO ALTO - Wikipedia Foundation mengumumkan rencananya untuk segera menghadirkan layanan baru ensiklopedia gratis berbasis pesan singkat alias SMS. Tak perlu jaringan internet, mereka yang membutuhkan informasi, tinggal mengirim SMS ke nomor tertentu kemudian akan  mendapat jawaban berisi data yang mereka minta.

Layanan yang tengah dirancang bersama Airtel -perusahaan telekomunikasi berbasis di Afrika- itu diberi nama Wikipedia Zero. Sesuai namanya, sasaran penggunanya adalah mereka yang memiliki ponsel feature. Ponsel feature diartikan sebagai ponsel murah yang hanya dilengkapi kemampuan dasar menelepon dan SMS.

Dalam blog resminya, seperti dikutip Sabtu (26/10) disebutkan, layanan terbaru perusahaan nirlaba yang didirikan sejak Januari 2001 itu, akan dimulai di Kenya. Dari sana  kemudian menyebar ke 70 juta pengguna ponsel murah lain di  kawasan sub-Sahara yang selama ini tak pernah menikmati akses internet.

"Anda bahkan sama sekali tak perlu aplikasi khusus," tulis blog tersebut. Ditambahkan, pengakses Wikipedia versi SMS tak akan dikenai tarif data yang umum diterapkan pada pengguna lewat jaringan internet.(pra/jpnn)


PALO ALTO - Wikipedia Foundation mengumumkan rencananya untuk segera menghadirkan layanan baru ensiklopedia gratis berbasis pesan singkat alias SMS.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News