Willy NasDem Yakin Pemerintah Sanggup Atasi Penyebaran Corona

Willy NasDem Yakin Pemerintah Sanggup Atasi Penyebaran Corona
Willy Aditya. Foto: Antara Foto/Syaiful Hakim

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah menyatakan dua WNI positif vitrus corona. Keduanya dirawat intensif di Rumah Sakit khusus Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso, Jakarta. Kedua pasien tersebut dikabarkan terjangkit virus corona akibat kontak langsung dengan orang Jepang yang diduga terinfeksi virus saat tiba di Malaysia.

Wakil Ketua Fraksi NasDem DPR Willy Aditya mengatakan, pemerintah telah menjalankan prosedur dalam rangka antisipasi meluasnya korban virus corona atau Covid-19.

Menurutnya, temuan berdasarkan penelusuran kontak adalah salah satu upaya yang juga disarankan oleh lembaga kesehatan dunia dalam menangkal meluasnya korban virus corona.

“Temuan korban ini menandakan pemerintah sudah punya langkah yang tepat. Pelacakan kontak itu salah satu langkah," kata Willy dalam siaran pers, Senin (2/3).

Selain itu, lanjut Willy, pemerintah telah mendapatkan informasi ilmiah dari WHO dan Tiongkok untuk mengkaji mekanisme kerja virus dan cara menghalaunya. Penelitiannya juga terus berlangsung. WNI yang dipulangkan dari Wuhan dan kapal pesiar Diamond Princess juga kami lihat dipantau. Jadi memang sudah ada langkah,” ucapnya.

Willy menegaskan pentingnya masyarakat untuk mempercayai langkah yang diambil pemerintah agar tidak terjadi kepanikan yang justru akan berdampak lebih merugikan ketimbang penyakit yang dimunculkan.

Pemerintah sudah menyiapkan lebih dari 100 rumah sakit yang siap menjadi tempat merawat dan memantau korban virus corona. Presiden Joko Widodo juga sudah memberi isyarat tentang kondisi kebencanaan jika diperlukan penanganan yang lebih jauh. "Jadi akan lebih baik jika kita sama-sama percayakan langkah yang diambil pemerintah,” ungkap wakil ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR itu.

Willy mengingatkan masyarakat dapat bahu-membahu membantu pemerintah untuk menghalau peluasan korban Covid-19. Menurutnya, kebiasaan hidup sehat harus ditingkatkan agar virus tidak terus menjangkiti banyak orang.

Wakil Ketua Fraksi NasDem DPR Willy Aditya menyebut pemerintah telah menjalankan prosedur dalam rangka antisipasi meluasnya korban virus corona atau Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News