Wiranto Jamin TNI Polri Sudah Siap 17 April Nanti

Wiranto Jamin TNI Polri Sudah Siap 17 April Nanti
Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto setelah menghadiri acara Rakornas Bidang Kewaspadaan Nasional dalam rangka penyelenggaraan Pemilu 2019. Foto : Aristo Setiawan/jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menjamin, jajaran Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) siap mengamankan jalannya pemilihan umum (pemilu) 2019 agar berlangsung kondusif.

Wiranto menyampaikan jaminan itu setelah menghadiri acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Kewaspadaan Nasional dalam rangka penyelenggaraan Pemilu 2019 di Hotel Grand Paragon, Jakarta Pusat, Rabu (27/3).

"Sudah saya sampaikan bahwa setelah aparat keamanan siap, dengan gelar pasukan kemarin, TNI dan Polri sudah siap mengamankan masyarakat dari rumah-rumah mereka sampai ke tempat pemungutan suara (TPS)," kata Wiranto.

Selain itu, kata dia, beberapa instansi penyelenggara pemilu, siap menghadapi hajatan akbar politik di Indonesia.

KPU dan Bawaslu akan menyelesaikan segala kekurangan sebelum hari pencoblosan pemilu terutama pendistribusian surat suara.

"Kemudian penyelenggara pemilu juga sudah siap. Berdasarkan hasil checking terakhir, masih ada kekurangan sedikit, tetapi diharapkan pada saat hari H nanti sudah akan semua tercapai, terjangkau, lengkap," tambahnya

Dia mengatakan, pemerintah berupaya maksimal agar pemilu berjalan aman dan tepat waktu. Pemerintah sudah memantau langsung kesiapan penyelenggara pemilu di lapangan.

"Tanggung jawab tentang penyelenggaraan pemilu, aparat keamanannya, penyelenggaraannya, maupun pemerintah pusat dan daerah yang merupakan fasilitator dari penyelenggaraan pemilu ini, kami kumpulkan. beberapa waktu yang lalu di Indonesia timur, kemudian barat, dan sekarang tengah. Tujuannya apa? Supaya kita sudah punya kesiapan yang prima, menghadapi pemilu serentak yang baru akan kita laksanakan pertama kalinya," pungkas dia.(mg10/jpnn)

TNI dan Polri sudah siap mengamankan masyarakat dari rumah sampai menuju ke TPS.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News