Wiranto Juga Pertanyakan Aset First Travel

Wiranto Juga Pertanyakan Aset First Travel
Menkopolhukam Wiranto di Jakarta, Jumat (12/5). Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto juga mempertanyakan berapa sebenarnya jumlah aset dan kekayaan PT First Anugerah Karya Wisata atau First Travel yang gagal memberangkatkan puluhan ribu calon jemaah umroh.

Karena itu, dia telah meminta Polri segera melakukan inventarisasi. Sehingga diketahui berapa sebenarnya kerugian yang dialami para calon jemaah umroh yang dijanjikan akan diberangkatkan ibadah ke Tanah Suci.

"Walaupun sekarang sudah ada jumlahnya, tapi kan ini belum fix, masih terus berkembang. Yang mendaftar ke polisi terus berkembang bahwa dia nasabah yang dirugikan oleh perusahaan ini," kata Wiranto di kompleks Istana Negara Jakarta, Rabu (30/8).

Sebagai menteri yang mengkoordinir institusi penegak hukum seperti Polri, Wiranto terus mengikuti penanganan kasus tersebut oleh Bareskrim. Sebab, jumlah jemaah yang jadi korbannya tidak sedikit.

Karena itu, Wiranto berharap penyidik Polri bisa segera menuntaskan inventarisasi aset dan kekayaan pemilik First Travel Andika Surachman dan Annisa Desvitasari.

"Dalam rapat kemarin yang saya gelar, polisi terus menginventarisasi sebenarnya kekayaannya berapa sih First Travel ini? Apakah itu rumah, apa mobil, apa simpanan. Karena tidak mungkin ada uang yang menguap, itu enggak mungkin. Uang itu benda hanya pindah tempat, pindah kepemilikan," jelas dia.

Bila hasil finalnya telah diketahui, maka akan terlihat seperti apa sebenarnya perusahaan ini mengelola perjalanan ibadah para jemaah umroh. Termasuk aset dan pihak yang dirugikan juga menjadi terang untuk dibawa ke pengadilan.(fat/jpnn)


Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto juga mempertanyakan berapa sebenarnya jumlah aset dan kekayaan PT First Anugerah Karya


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News