Wiranto Ragukan Informasi BNPT soal ISIS di Jawa Timur

Wiranto Ragukan Informasi BNPT soal ISIS di Jawa Timur
Menko Polhukam Wiranto. Foto: Miftahulhayat/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mempertanyakan informasi soal masuknya ISIS ke 16 daerah di Jawa Timur, salah satunya di Surabaya.

Informasi tersebut berasal dari Direktur Pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Brigjen Hamli.

"Pertama, informasi itu dari mana? Kami harus hati-hati. Jangan sampai mendapatkan berita yang tidak jelas arahnya," ujar Wiranto menjawab wartawan di Istana Negara, Selasa (13/6).

Menko Polhukam menjelaskan, ketika ISIS digempur di Syria, mereka punya dua alternatif untuk mengembangkan basisnya di Asia Tenggara. Pertama, di Poso. Kedua, di Marawi, Filipina.

"Di Poso kami gempur terus. Basisnya diawasi. Kami eliminasi, kami kepung, dan sekarang tinggal enam orang lah begitu. Sehingga tidak pas lah untuk basis baru ISIS di Asia Tenggara," ujar Wiranto.

Kalau sekarang ISIS dan simpatisannya telah menguasai Marawi, Filipina, itu pun sedang digempur oleh militer di sana.

Terkait adanya korelasi antara organisasi kemasyarakatan di Indonesia dengan simpatisan ISIS, mantan Panglima ABRI itu meminta jangan asal menuduh.

Namun demikian kewaspadaan tetap harus ditingkatkan. Utamanya terhadap ormas yang ajarannya mengarah ke radikalisme. "Tidak bisa menjustifikasi seperti itu. Tapi kalau waspada, harus. Radikalisme dan terorisme itu kan batasnya tipis," pungkasnya. (fat/jpnn)


Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mempertanyakan informasi soal masuknya ISIS ke 16 daerah di Jawa Timur,


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News