Wiryanti Sukamdani PDIP Gelar Festival Kuliner Bukan Beras & Gandum di Semarang

Wiryanti Sukamdani PDIP Gelar Festival Kuliner Bukan Beras & Gandum di Semarang
Politikus PDI Perjuangan Wiryanti Sukamdani menginisiasi digelarnya Festival Kreasi Kuliner Non-Beras dan Gandum. Foto: source for JPNN

jpnn.com - SEMARANG - Pelaku bisnis perhotelan sekaligus politikus PDIP Wiryanti Sukamdani menginisiasi digelarnya Festival Kreasi Kuliner Non-Beras dan Gandum, pada rangkaian acara Batik Specta di Kota Lama Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (1/10).

Wiryanti menjelaskan, festival ini membawa semangat untuk mengurangi ketergantungan pada komoditas besar pangan dunia (beras dan gandum) sekaligus menjaga dan memastikan ketahanan pangan negara.

“Pemanfaatan berbagai macam makanan dari bahan-bahan yang ada di Indonesia akan mengurangi ketergantungan pada gandum yang merupakan bahan pangan impor. Cara ini akan memastikan kedaulatan pangan Indonesia, menghidupi rakyat dengan berbagai macam bahan makanan yang memang tumbuh sumbur di negeri kita," ujar Wiryanti.

Festival ini diikuti 28 hotel di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Wiryanti Sukamdani PDIP Gelar Festival Kuliner Bukan Beras & Gandum di Semarang
Foto: source for JPNN

Wiryanti mengatakan hotel dipilih sebagai peserta karena sajian kulinernya kerap kali menjadi trend setter di dunia wisata kuliner.

"Bayangkan, hotel memasak masakan berbahan singkong atau sukun, tetapi disajikan dengan kreatif dan lezat. Masyarakat tentu tak akan memandang sebelah mata bahan makanan asal Indonesia," katanya.

Dalam festival tersebut, para peserta ditantang untuk berkreasi dengan berbagai makanan pendamping beras seperti umbi-umbian, singkong, jagung, sorgum, pisang, sukun, talas, dan sagu.

Wiryanti Sukamdani bilang festival ini membawa semangat untuk mengurangi ketergantungan pada komoditas besar pangan dunia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News