Wisatawan Bakal Dilarang Hiking Sendirian di Himalaya

Wisatawan Bakal Dilarang Hiking Sendirian di Himalaya
Wisatawan Bakal Dilarang Hiking Sendirian di Himalaya
KATHMANDU  - Pemerintah Nepal sedang mempertimbangkan untuk melarang para turis melakukan perjalanan sendirian di area pegunungan Himalaya. Kebijakan tersebut akan diambil menyusul beragam kasus serangan atau hilangnya pengunjung wanita berkewarga-negaraan asing di wilayah tersebut.

“Sebuah proposal yang sedang didiskusikan pemerintah caretaker –sementara- menyebutkan bahwa para penjelajah solo harus didampingi setidaknya satu orang porter atau pemandu wisata sebelum dapat melakukan perjalanan,” ucap juru bicara Kementrian Pariwisata Bal Krishna Ghimire kepada AFP, Rabu (8/8).

“Kasus pembunuhan atau hilangnya para trekkers akhir-akhir ini benar-benar telah merusak citra negara kami. Kami rasa perundangan yang  mengharuskan seorang pemandu wisata mendampingi seorang trekker akan membantu menjaga keamanan para turis,” katanya.

 

Meski demikian Ghimire belum bisa memastikan kapan kebijakan tersebut akan mulai diberlakukan. Setidaknya 40 persen dari turis asing yang datang ke Nepal selalu menyempatkan diri melakukan perjalanan trekking. Daerah tujuan wisatawan di antaranya Annapurna, Langtang, Helambu atau Khumbu.

KATHMANDU  - Pemerintah Nepal sedang mempertimbangkan untuk melarang para turis melakukan perjalanan sendirian di area pegunungan Himalaya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News