Wishnutama-Angela Targetkan Pariwisata Jadi Penyumbang Devisa Terbesar

Wishnutama-Angela Targetkan Pariwisata Jadi Penyumbang Devisa Terbesar
Angela Tanoesoedibjo dan Joko Widodo. Foto: Instagram Angela Tanoesoedibjo

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio dan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo menjadikan pariwisata sebagai target penghasil devisa terbesar.

"Dengan didukung ekonomi kreatif, menjadikan sektor ini bisa menjadi penghasil devisa terbesar di Indonesia," ungkap Wishnutama dalam acara Ngopi Bareng Mas Tama & Mbak Angela di Jakarta beberapa waktu lalu.

Untuk itu, kata Wishnutama, koordinasi dengan sejumlah kementerian telah dilakukan. Menurutnya, untuk memajukan pariwisata membutuhkan kerja sama seluruh pihak. Akselerasi dari hal-hal yang sebelumnya telah berjalan pun dilakukan. 

Strategi ke depan, Kemenparekraf akan membuat event-event yang menarik wisatawan untuk datang.

"Calendar of events, selain keindahan alam juga event-nya bisa menampilkan budaya, seni dan kreativitas supaya jadi salah satu nilai jual. Bukan hanya keindahan alam, tapi juga bagaimana daerah itu jadi lebih menarik," tuturnya.

Sebagai contoh, gelaran MotoGP yang rencananya digelar di Mandalika, Nusa Tenggara Barat, akan dikemas lengkap dengan konser musik hingga pasar malam.

Para pelaku industri kreatif dari berbagai daerah bisa menjual produk-produknya selama gelaran tersebut.

Setiap daerah, lanjut Wishnutama, memiliki karakter atau kekuatan yang berbeda. Jadi, target, event dan cara pengemasannya pun akan berbeda.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio dan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo menjadikan pariwisata sebagai target penghasil devisa terbesar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News