Wonderful Indonesia Mulai Bidik Wisman Kota Tier-2 Tiongkok

Wonderful Indonesia Mulai Bidik Wisman Kota Tier-2 Tiongkok
Wonderful Indonesia. Foto: Kemenpar

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) tidak lagi hanya berfokus mendulang wisman dari kota-kota tier-1 Tiongkok seperti Shanghai, Guangzhou, Beijing atau Shenzhen. Saat ini, promosi juga mulai merambah kota-kota tier (tingkat)-2 di Negeri Tirai Bambu.

Aktivitas promosi pariwisata itu tercermin dalam Sales Mission Greater Bali ke tiga kota tier-2 Tiongkok yaitu Hefei, Wuxi dan Hangzhou. Secada berurutan, tiga kota tadi akan disambangi Wonderful Indonesia pada 29 Agustus 2017, 31 Agustus 2017 dan 1 September 2017.

"Berbicara mengenai tingkatan, kota-kota yang dimaksud dengan tier-2 di Tiongkok adalah kota-kota yang secara ekonomi memiliki produk domestik bruto (PDB) antara USD 68 miliar–USD 299 miliar," ujar Asdep Pengembangan Pasar Asia Pasifik Kemenpar Vinsensius Jemadu, Rabu (30/8).

Kegiatan promosi Wonderful Indonesia ke kota-kota tier-2 di Tiongkok ini menunjukkan betapa dalamnya komitmen promosi pariwisata Indonesia di Tiongkok.

Dasar dari agresivitas promosi pariwisata Indonesia di Tiongkok ini adalah kenyataan bahwa Tiongkok adalah pasar yang dari segi jumlah dan pertumbuhannya paling fantastis di antara pasar lainnya.

"Fantastis dikarenakan jumlah kunjungan wisman tahun 2017 sampai bulan Juni sudah hampir mencapai angka 1 juta, paling besar di antara pasar manapun, dan angka pertumbuhan year-on-year-nya periode Januari-Juni 2017 hampir mencapai 50%," jelas Vinsensius.

Pitana menambahkan, Kemenpar ingin menjaga momentum ini dengan mengadakan diversifikasi promosi, salah satunya dengan menyasar kota-kota yang selama ini belum tersentuh seperti Hefei, Wuxi dan Hangzhou.

Maskapai Indonesia pun kini turut mendukung pembukaan penerbangan ke kota-kota tier-2 di Tiongkok sehingga promosi pariwisata Indonesia dianggap sudah sebagai suatu keharusan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News