Wonderful Indonesia, Pelajar Spanyol pun Belajar Resep Kuliner Nusantara

Wonderful Indonesia, Pelajar Spanyol pun Belajar Resep Kuliner Nusantara
Ayam Betutu khas Bali. Foto: dokumen Radar Bali/JPG

jpnn.com - JAKARTA – Masakah khas Indonesia kini semakin bisa diterima lidah mancanegara. Bahkan ada tiga murid akademi kuliner Gredos San Diego College, Spanyol yang sengaja berguru ke Indonesia demi belajar masakan-masakan khas Nusantara.

Satu dari tiga mahasiswa di Gredos San Diego Collge yang belajar masakan Indonesia adalah Guierlemo Prado Yebra,  finalis Le Cordon Blue Competition Swiss. Dua yang lain adalah Ruth Argiz Guillen dan Maria Almudena Sanchez Lopez.

“Mereka berniat mendalami cara memasak, serta mempelajari budaya dan cerita di balik masakan Indonesia,” ujar Vita Datau Messakh, Ketua Akademi Gastronomi Indonesia (AGI), di Jakarta.

AGI memang menjalin kerja sama dengan Gredos San Diego College Spanyol. Murid Gredos San Diego itu belajar di Marco Padang untuk mendalami masakan Minang, serta menimba ilmu dari Kosenda Hotel untuk masakan Indonesia lainnya. Ketiga pelajar Spanyol itu akan berada di Indonesia selama 6 pekan untuk mengeksplorasi keunikan masakan Indonesia.

Vita yang dipercaya Menteri Pariwisata Arief Yahya untuk memimpin Tim Percepatan Pengembangan Wisata Kuliner dan Belanja Kemenpar itu menjelaskan, nantinya para pelajar mancanegara yang belajar masakan khas Indonesia akan menjadu duta-duta kuliner. Dengan demikian masakan Indonesia pun semakin mendunia.


“Program ini erat dengan rencana aksi Percepatan Pengembangan Wisata Kuliner. Mengglobalkan makanan Indonesia bisa dicapai dengan cara bertukar Ilmu Pengetahuan Kuliner. Mereka yang nantinya kembali ke negaranya akan menjadi duta-duta kuliner Indonesia dengan membawa hasil inovasi dan kolaborasi masakan Indonesia-Spanyol. Mereka juga bisa memperkenalkan jenis kuliner khas itu pada komunitasnya,” tutur Vita.

Menurut Vita, tema utama program kolaborasi ini adalah membangun globalisasi dan inovasi makanan Indonesia. Marco Padang akan membimbing murid-murid Gredos untuk mengerti cara memasak masakan Minang dengan aneka bumbu lengkapnya. Murid-murid itu akan diberi sebuah proyek inovasi untuk menggabungkan teknik-teknik Spanyol guna menciptakan menu fusion tanpa meninggalkan cita rasa Indonesia.

Mereka juga diberi kesempatan berkeliling ke semua outlet Marco Padang di Jakarta, berkunjung ke pasar tradisional dan mendatangi restauran yang direkomendasikan oleh AGI guna untuk mengetahui perkembangan industri kuliner Indonesia. Pada 19 Agustus 2016 mendatang, ketiga murid Gredos San Diego itu akan mendemontrasikan kemampuannya di depan media. Mereka akan menyajikan makanan-makanan hasil kolaborasi Indonesia- Spanyol tersebut.

JAKARTA – Masakah khas Indonesia kini semakin bisa diterima lidah mancanegara. Bahkan ada tiga murid akademi kuliner Gredos San Diego College,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News