Wow! ADB Siap Cawe-Cawe untuk Pembangunan IKN Nusantara

Wow! ADB Siap Cawe-Cawe untuk Pembangunan IKN Nusantara
ADB menyatakan komitmennya membantu Indonesia dalam merencanakan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Foto: Humas Kementerian PUPR

jpnn.com, JAKARTA - Asian Development Bank (ADB) atau Bank Pembangunan Asia menyatakan komitmennya membantu Indonesia dalam merencanakan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Wakil Presiden ADB Ahmed M. Saeed menyebut pihaknya mendukung pemindahan ibu kota demi mewujudkan kota yang inklusif dan netral karbon.

“ADB siap membantu untuk merencanakan relokasi bersejarah ibu kota Indonesia dari Jakarta ke Nusantara,” kata Ahmed di Jakarta, Jumat.

Menurutnya, ADB akan membantu Otorita IKN Nusantara dalam merancang, mengkaji potensi dampak lingkungan dan sosial, serta menggalang pembiayaan dari sumber pemerintah dan sektor swasta.

ADB akan menyelenggarakan konferensi internasional untuk mempelajari negara-negara lain dalam melaksanakan pembangunan kota yang netral karbon dan inklusif.

Hal itu, menjadi langkah pertama yang akan segera direalisasikan.

Menurut Saeed, membangun IKN Nusantara membuka peluang yang unik untuk menerapkan kajian dan pengalaman terkini mengenai aspek-aspek yang dapat membuat kota menjadi menyenangkan.

Namun, di sisi lain tetap efisien untuk bekerja, tempat tinggal, dan rekreasi.

ADB menyatakan komitmennya membantu Indonesia dalam merencanakan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News