Wow... Amazing, Kegiatan GPN dan Pariwisata Digabung Bikin Wisman Kagum

Wow... Amazing, Kegiatan GPN dan Pariwisata Digabung Bikin Wisman Kagum
Gowes Pesona Nusantara. Foto: istimewa for JPNN

jpnn.com, TABANAN - Setelah pekan lalu Kabupaten Klungkung, Bali, sukses menghelat Gowes Pesona Nusantara 2017, kini giliran Kabupaten Tabanan juga akan menyajikan hal yang sama pada Minggu (30/7/2017) dalam mendorong masyarakat untuk terus berolahraga bersama Kemenpora melalui program andalannya #Ayoolahraga.

Hal yang menarik dari perhelatan Gowes Pesona Nusantara adalah selain berolahraga yakni pengeksplorasian destinasi wisata wilayah setempat serta lebih memperkuat rasa nasionalisme kebinekaan di dalam bingkai NKRI.

Terkait kebinekaan itu sendiri, diwakili penyatuan tanah dan air yang diambil dari 90 titik kabupaten di Indonesia. Untuk di Tabanan, pengambilan tanah dilakukan di pura Batukaru sedangkan air diambil di pura Ulun Danu Beratan, dari tengah danau beratan oleh pemuka adat dan pemangku kebijakan setempat.

Keanggunan pura Ulun Danu terlihat jelas dalam prosesi pengambilan tanah dan air yang diawali dengan ritual adat setempat di mana ribuan warga bahkan turis asing yang tengah menikmati pesona pura Ulun Danu juga menyaksikan prosesi pengambilan tanah dan air di pura yang pernah menghiasi uang Rp 50 ribu itu, sehingga ritual tersebut tak luput dari bidikan para turis asing.

"Wow... amazing, sebelumnya saya tidak tahu jika ada kegiatan seperti ini di pura Ulun Danu. Saya sangat beruntung mampu mengabadikan momen ini yang menggabungkan olahraga dengan pariwisata. Saya belum pernah melihat seperti ini di negara lainnya," tutur Jordan Fritz, turis mancanegara asal Inggris itu Jumat (28/7/2017).

Sementara itu, Kabid Pembinaan Olahraga Massal dan Kesehatan Olahraga Kemenpora dr. I Nyoman Winata Spko pasca prosesi pengambilan tanah dan air mengatakan dirinya sangat mengapresiasi keantusiasan warga Tabanan dalam rangkaian perheltan Gowes Pesona Nusantara ini.

"Saya sangat terharu dengan masyarakat Kabupaten Tabanan yang terlibat dalam prosesi pengambilan tanah dan air di pura Ulun Danu. Melihat hal tersebut saya sangat meyakini jika pelaksanaan Gowes Pesona Nusantara pada hari Minggu mendatang akan diikuti oleh ribuan orang juga," tutur I Nyoman Winata,

Setelah pengambilan, tanah dan air itu akan disemayamkan di area pura kantor Bupati Tabanan yang akan diserahkan tanggal 30 juli mendatang saat gowes di Tabanan, acara akan dimeriahkan musik khas tabanan okokan. (dkk/jpnn)


Setelah pekan lalu Kabupaten Klungkung, Bali, sukses menghelat Gowes Pesona Nusantara 2017, kini giliran Kabupaten Tabanan juga akan menyajikan hal


Redaktur & Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News