Wow! Bansos di Kaltim Capai Rp 2,4 Triliun

Wow! Bansos di Kaltim Capai Rp 2,4 Triliun
Wow! Bansos di Kaltim Capai Rp 2,4 Triliun
SAMARINDA – Tak salah jika ada yang menjuluki Kaltim sebagai “Negeri Bansos.” Sepanjang empat tahun terakhir, belanja hibah dan bantuan sosial (bansos) menembus nilai mencengangkan; Rp 2,4 triliun.

Data yang dirilis Pokja 30 menunjukkan, belanja hibah dan bansos secara pasti meningkat setiap tahunnya. Jika pada 2009 hanya Rp 450 miliar, tahun ini menembus Rp 856 miliar.

Bandingkan dengan perbaikan dan pembangunan jalan. Ambil contoh proyek tahun jamak APBD Kaltim Jalan Talisayan - Batu Lepok sepanjang 80 kilometer dengan biaya Rp 225 miliar atau Rp 3 miliar saban kilometer.

Kalau saja dialokasikan untuk infrastruktur, duit bansos yang Rp 2,4 triliun tadi mampu membuat 800 kilometer jalan di provinsi ini mulus. Jarak yang hampir sama dengan Samarinda-Berau yang sekarang ini kondisi jalannya seperti bubur.

“Sungguh ironis (belanja hibah dan bansos tersebut) ketika melihat kondisi perbatasan dan jalan-jalan di provinsi ini,” sebut Koordinator Pokja 30, Carolus Tuah.

SAMARINDA – Tak salah jika ada yang menjuluki Kaltim sebagai “Negeri Bansos.” Sepanjang empat tahun terakhir, belanja hibah dan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News