Wow! Belanja Militer Tiongkok Lebih Gede dari APBN Indonesia

Wow! Belanja Militer Tiongkok Lebih Gede dari APBN Indonesia
Pasukan Republik Rakyat Tiongkok. Foto: Reuters

jpnn.com, BEIJING - Republik Rakyat Tiongkok meningkatkan lagi anggaran belanja militernya sebesar 8,1 persen. Artinya, anggaran militer meningkat menjadi CNY 1,1 triliun atau sekitar Rp 2.381 triliun.

Sebagai perbandingan, total anggaran belanja Pemerintah Indonesia tahun ini, alias APBN 2018, adalah Rp 2.220 triliun.

’’Kami masih melanjutkan program untuk memperkuat angkatan bersenjata, meningkatkan segala aspek pelatihan militer, dan menjadi lebih siaga pada pertempuran,’’ papar Perdana Menteri (PM) Li Keqiang sebagaimana dikutip Associated Press, Senin (5/3). Tahun ini Tiongkok meluncurkan kapal induk produksi dalam negeri mereka yang kedua.

Dalam kesempatan itu, Li juga mengumumkan target angka pertumbuhan ekonomi Tiongkok 6,5 persen. Jika target tersebut tercapai, menurut CNN, Tiongkok bakal menjadi salah satu negara dengan angka pertumbuhan ekonomi tertinggi di dunia.

Jika dibandingkan dengan tahun lalu, target kali ini lebih rendah. Tahun lalu angka pertumbuhan ekonomi Negeri Panda mencapai 6,9 persen karena tumbuh pesatnya kredit perbankan.

Selain membahas anggaran dan angka pertumbuhan, sekitar 3.000 delegasi NPC dari seluruh penjuru Tiongkok yang berkumpul di Great Hall of the People itu membicarakan amandemen konstitusi.

Sebagaimana diberitakan, Tiongkok berencana mengubah regulasi tentang periode kepemimpinan presiden. Tepatnya, menghapus klausa tentang pembatasan masa jabatan presiden maksimal dua kali berturut-turut.

Kemarin para peserta konferensi menyambut baik rencana untuk mengabadikan kepresidenan Xi tersebut. Kendati perubahan itu baru disepakati dalam pemungutan suara 11 Maret mendatang, bisa dipastikan amandemen tersebut disetujui.

Tiongkok meningkatkan lagi anggaran belanja militernya menjadi CNY 1,1 triliun atau sekitar Rp 2.381 triliun

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News