Wow! Indonesia Dipuji IMF, tetapi 2 Hal Ini Bikin Ngeri

Wow! Indonesia Dipuji IMF, tetapi 2 Hal Ini Bikin Ngeri
Dana Moneter Internasional (IMF) memuji Indonesia dalam menangani perekonomian selama pandemi Covid-19. Foto: Reuters

jpnn.com, JAKARTA - Dana Moneter Internasional (IMF) memuji Indonesia dalam menangani perekonomian selama pandemi Covid-19.

Dewan Direktur IMF menilai Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi dan sektor keuangan di tengah pandemi.

Menurut IMF, stabilitas perekonomian Indonesia didukung oleh kinerja makroekonomi yang kuat serta respons kebijakan yang tegas dan menyeluruh.

Berdasarkan keterangan resmi Bank Indonesia yang diterima di Jakarta, Rabu, hasil asesmen IMF tersebut disampaikan dalam laporan Article IV Consultation tahun 2021 yang dirilis pada 23 Maret 2022.

IMF menyebut respons pemerintah yang mampu menjaga stabilitas ekonomi meliputi program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) serta kebijakan moneter yang akomodatif dan upaya di sektor keuangan untuk mendorong kredit.

IMF pun mengapresiasi berbagai kebijakan yang ditempuh Indonesia termasuk terkait komitmen pemerintah dalam mengembalikan batas atas defisit fiskal sebesar tiga persen pada 2023 secara gradual.

Kemudian juga mengenai upaya pemerintah Indonesia atas kebijakan moneter untuk berada ahead of the curve dengan tetap memerhatikan tingkat inflasi.

Upaya pemerintah Indonesia untuk mendorong pendalaman dan inklusi pasar keuangan khususnya melalui digitalisasi serta langkah memitigasi perubahan iklim turut diapresiasi IMF.

Dana Moneter Internasional (IMF) memuji Indonesia dalam menangani perekonomian selama pandemi Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News