JPNN.com

Wow! Kambing Lumajang Pecahkan Rekor Dunia

Senin, 06 Oktober 2014 – 08:42 WIB Wow! Kambing Lumajang Pecahkan Rekor Dunia - JPNN.com

JAKSEL – Rekor kambing kurban terberat tercipta di Jakarta Minggu (5/10). Jika biasanya bobot kambing kurban hanya 20–40 kilogram, kambing super ini mempunyai bobot yang jauh lebih berat. Berdasar pengukuran dan penimbangan, kambing jenis etawa milik Dompet Dhuafa tersebut berbobot 135 kilogram.

Presiden Direktur Dompet Dhuafa Ahmad Juwaini menuturkan, kambing dengan bobot yang lebih dari itu memang banyak. Namun, kambing kelas berat yang dikurbankan baru kambing tersebut. Karena keunikannya itu, kambing yang berasal dari Lumajang, Jawa Timur, tersebut mendapat anugerah Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) sebagai kambing kurban terberat di dunia.

Untuk menyerahkan catatan rekor itu, Jaya Suprana, pendiri Muri, mendatangi langsung lokasi penyerahan di Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan.

’’Banyak sekali rekor yang dicatat hari ini. Tetapi, saya lebih memilih ke sini karena ingin melihat kambing yang lebih berat daripada saya,’’ tuturnya lantas tertawa.

Ekspektasinya sempat luntur. Sebab, saat akan ditimbang, si kambing sedikit berontak. Jaya begitu ingin memastikan kambing tersebut lebih berat dari berat dirinya yang mencapai 100 kilogram.

Untungnya, panitia memiliki metode pengukuran lain, yakni mengukur lingkar dada. Saat diukur, lingkar dada kambing itu 115 sentimeter. Lingkar dada tersebut setara dengan bobot 135 kilogram. Kambing yang dibeli dengan harga Rp 19 juta itu diperkirakan bisa disalurkan kepada 300 orang penerima kurban.

Ahmad menyatakan, pihaknya sebenarnya tidak memiliki target untuk mencatatkan pada rekor Muri. Persiapannya pun tidak berlangsung lama.

’’Kebetulan kami memang menemukan kambing yang bobotnya baik. Ternyata, itu merupakan kambing kurban terberat di Indonesia, bahkan dunia,’’ ungkapnya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...