Wow... Ternyata Sektor Pariwisata Paling Siap Hadapi MEA, Ini Alasannya

Wow... Ternyata Sektor Pariwisata Paling Siap Hadapi MEA, Ini Alasannya
Ilustrasi

jpnn.com - JAKARTA- Sektor apakah yang paling siap menghadapi MEA yang berjalan mulai 2016 ini? jawabannya ternyata sektor pariwisata. Itu terungkap dalam diskusi bersama pengamat ekonomi dan pariwisata dari Universitas Padjadjaran Bandung, Popy Rufaidah, Sabtu (9/1) siang.

Hal yang membuat sektor pariwisata menjadi yang paling siap menghadapi MEA ini adalah sikap terbuka dan siap menerima hal-hal baru. Mereka terus mengupgarade diri agar menjadi lebih baik waktu ke waktu dengan menerima kritikan positif dari luar.

Popy setali tiga uang dengan Menaker Hanif Dakhiri yang juga menyebutkan kualitas dan kuantitas tenaga kerja sektor pariwisata Indonesia paling siap menghadapi MEA. Itu diungkapkannya dalam raker dengan DPR RI.

Popy menyebutkan, tersebarnya tenaga kerja Indonesia yang bekerja di sektor pariwisata di seluruh dunia, juga turut memberikan andil besar dalam terbangunnya kesiapan tersebut. 

Hubungan yang intens dengan budaya dan kebiasaan warga dunia, menurut dia, membuat sikap para pekerja pariwisata menjadi open minded.

"Hubungan dan pengenalan budaya dan orang-orang luar juga penting dalam membangun sikap terbuka," terang Popy.

Nah, sumber daya yang telah siap itu, menjadi semakin maksimal dengan dorongan kuat dari pimpinan tertinggi Kemenpar. Alhasil. perubahan yang terjadi di sektor pariwisata Indonesia kentara terlihat. 

"Menpar telah menjadi katalisator dalam membangun kesiapan dan sikap untuk terus menerus menjadi lebih baik di kalangan pekerja pariwisata," tandasnya.

JAKARTA- Sektor apakah yang paling siap menghadapi MEA yang berjalan mulai 2016 ini? jawabannya ternyata sektor pariwisata. Itu terungkap dalam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News