Wregas Bawa Pesan Pemberantasan Kekerasan Seksual lewat 'Penyalin Cahaya'

Wregas Bawa Pesan Pemberantasan Kekerasan Seksual lewat 'Penyalin Cahaya'
Sutradara film Penyalin Cahaya Wregas Bhanuteja buka-bukaan soal inspirasi film Penyalin Cahaya. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Sutradara film Penyalin Cahaya Wregas Bhanuteja buka-bukaan soal inspirasi film Penyalin Cahaya.

Wregas mengungkapkan film tersebut merupakan buah keresahannya melihat berbagai fenomena kekerasan seksual yang kerap terjadi di masyarakat saat ini.

Menurut dia, atas dasar fakta itulah, Penyalin Cahaya bergerak dengan menelusuri fakta mulai dari lingkungan kerja hingga dunia kampus.

“Film ini, untuk kita bersama-sama melawan kekerasan seksual di manapun itu, di lingkungan terdekat, di tempat kerja, di sekitar kita dan kita harus selalu berpihak pada penyintas. Kita harus menguatkan, kita harus percaya pada mereka,” tegas Wregas.

Film Penyalin Cahaya meraih Piala Citra Terbanyak pada ajang Festival Film Indonesia 2021. Tidak tanggung-tanggung, film ini mendapat 12 kategori sekaligus dari 17 nominasi yang ada.

Film tersebut berkisah tentang kekerasan seksual di lingkungan kampus. Seorang mahasiswa harus kehilangan beasiswanya, karena mengalami kekerasan seksual serta dianggap mencemarkan nama baik kampusnya.

“Semoga film penyalin cahaya tidak hanya berhenti untuk di malam ini tetapi semua statement, semua pesan untuk kita bersama-sama melawan kekerasan seksual dan menciptakan ruang aman untuk kita hidup,” tegas Wregas.

Aktor Jerome Kurnia mengatakan bahwa Penyalin Cahaya adalah cara dia untuk memperjuangkan kesetaraan gender.

Sutradara film Penyalin Cahaya Wregas Bhanuteja buka-bukaan soal inspirasi film Penyalin Cahaya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News