Wuih, Dahsyatnya Latihan 250 Anggota TNI Angkatan Laut

Wuih, Dahsyatnya Latihan 250 Anggota TNI Angkatan Laut
Ilustrasi. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - SIDOARJO –Pelatihan untuk penyegaran TNI Angkatan Laut kembali dilakukan. Naluri tempur 250 personel Wing Udara 1 Pusat Penerbangan TNI-AL (Puspenerbal) selama masa damai kembali diasah. Satuan yang membawahi empat skuadron dan staf markas komando mulai kemarin (11/4) menghelat latihan pembinaan satuan (binsat).

Berbagai materi penyegaran akan dilaksanakan hingga 30 April mendatang. Kegiatan pembukaan di lapangan dipimpin langsung oleh Komandan Mako Wing Udara 1 Kolonel Laut (P) Dwika Tjahja Setiawan.

Empat skuadron di bawah Wing Udara 1, antara lain, Skuadron Udara 200 pesawat latih, Skuadron Udara 400 helikopter, Skuadron 600 pesawat angkut personel dan logistik, serta Skuadron Udara 800 patroli maritim.

''Binsat di lingkungan Wing Udara 1 merupakan yang pertama,'' ungkap Dwika. Satuan sebelumnya yang berdiri pada 1994 bernama Satuan Udara Armada Timur (Satudarmatim) dan sejak 2008 berubah menjadi Wing Udara 1.

Mantan direktur operasional Puspenerbal itu mengakui, binsat dilaksanakan setelah jajarannya disibukkan kegiatan operasi dan latihan. Kegiatan itu turut melibatkan 64 personel pendukung. Mereka merupakan tenaga pelatih Puslatdiksarmil Kobangdikal sebagai pemateri dasar keprajuritan dan kedisiplinan.

Ada juga pemateri penyelamatan kecelakaan di darat dan di laut SAR Lanudal Juanda. Selain itu, terdapat alat keselamatan penerbangan fasilitas pemeliharaan dan perbaikan pesawat udara.

Latihan perdana pemadaman kebakaran dilakukan dengan beberapa skenario. Kemungkinan api membakar bagian dalam dan luar pesawat. Misalnya, saat memanaskan mesin menjelang lepas landas maupun proses pendaratan. (sep/c15/end/flo/jpnn)
 



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News