Wujud Bea Cukai Tingkatkan Sinergi untuk Optimalkan Ekspor Nasional

Wujud Bea Cukai Tingkatkan Sinergi untuk Optimalkan Ekspor Nasional
Bea Cukai melakukan sinergi dengan berbagai instansi di masing-masing daerah. Foto: dok Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai terus perkuat sinergi dan koordinasi dengan berbagai pihak di berbagai daerah untuk meningkatkan pelaku UMKM melakukan ekspor.

Sinergi itu dilakukan oleh Bea Cukai masing-masing daerah seperti Mojokerto, Ambon, dan Sorong.

“Bea Cukai siap berkoordinasi dengan berbagai pihak demi optimalnya ekspor di Indonesia," kata Kasubdit Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai Tubagus Firman.

Dia menambahkan pihaknya juga siap memberikan asistensi kepada pelaku usaha demi terwujudnya pemasaran produk nasional ke pasar global melalui ekspor.

Bea Cukai Juanda turut hadir dalam ajang Expo Hasil Inkubasi Wirausaha, UMKM dan Koperasi yang digelar oleh Pemkot Mojokerto, selama 3 hari mulai 7-9 Desember 2021.

Acara tersebut dihadiri oleh jajaran kementerian, pemda, kelompok UMKM, dan koperasi tersebut.

Sekretaris Menteri Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Arif Rahman Hakim mengatakan program inkubasi wiraswasta ini merupakan kebijakan yang sangat tepat.

“Terdapat ratusan produk menarik mulai dari makanan, minuman, dan aneka cinderamata. Namun, pandemi berimbas kepada berbagai sektor ekonomi, tak terkecuali UMKM," kata Arif.

Bea Cukai terus perkuat sinergi dan koordinasi dengan berbagai pihak di berbagai daerah untuk meningkatkan pelaku UMKM melakukan ekspor.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News