Wujudkan Kedaulatan Pangan, Pemerintah Harus Percepat Cetak Sawah Baru

Wujudkan Kedaulatan Pangan, Pemerintah Harus Percepat Cetak Sawah Baru
Wujudkan Kedaulatan Pangan, Pemerintah Harus Percepat Cetak Sawah Baru

YOGYAKARTA – Anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI,  Ali Masykur Musa mendesak pemerintah untuk segera mewujudkan komitmennya menciptakan kedaulatan pangan. Karena itu, pemerintah harus fokus menciptakan kebijakan yang mendorong peningkatan kesejahteraan petani, sekaligus memastikan ketahanan pangan di dalam negeri.
 
"Pemerintah harus fokus. Salah satunya dengan mempercepat mencetak sawah baru, agar petani bisa berproduksi untuk memenuhi kebutuhan pangan kita," kata Cak Ali panggilan akrabnya, saat menjadi pembicara utama Seminar Nasionaal  Ketahanan Pangan di Universitas Mercubuana Yogyakarta, Rabu (9/10).

Disebutkan, peningkatan produktivitas pangan dalam negeri harus segera dilaksanakan. Ini untuk memutus penerapan kebijakan impor yang dijadikan jalan pintas  mengatasi kekurangan pangan.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), setiap tahunnya impor beras mencapai 2,2 juta ton. Sedangkan laju alih fungsi lahan produktif setiap tahunya mencapai 120 ribu hektare. "Kalau dibiarkan terus, maka impor beras tidak bisa dihindarkan," tegasnya.

"Sesungguhnya banyak jalan yang bisa ditempuh untuk menyukseskan program peningkatan produksi. Di antaranya adalah revolusi hijau dan sistem pertanian pangan terpadu dengan memaksimalkan  teknologi untuk menciptakan bibit unggul dan alat pendukung pertanian yang efektif," tambah kandidat Capres peserta Konvensi Partai Demokrat itu.

Selain itu, imbuh dia, langkah strategis yang harus diambil Kementerian Pertanian adalah segera memperbaiki infrastruktur dan irigasi pertanian yang rusak parah. Kerusakan sarana irigasi ini, kata Cak Ali, terjadi setelah era otonomi daerah karena para pejabat daerah saling lempar tanggung jawab.

"Dan, yang paling penting, pemerintah harus berkomitmen kuat memproteksi pasar untuk produk pertanian dalam negeri. Negara harus memuliakan petani, mereka adalah tulang punggung kedaulatan pangan negara ini. Petani harus sejahtera di negara agraris ini," tandasnya.(fuz/jpnn)


YOGYAKARTA – Anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI,  Ali Masykur Musa mendesak pemerintah untuk segera mewujudkan komitmennya menciptakan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News