WZF 2018 Hasilkan 11 Resolusi dan Tetapkan 10 Anggota Baru

WZF 2018 Hasilkan 11 Resolusi dan Tetapkan 10 Anggota Baru
Konferensi WZF 2018 di Melaka, Malaysia. Foto: Humas Baznas

jpnn.com, MELAKA - Sekretaris Jenderal Forum Zakat Dunia (World Zakat Forum/WZF) Bambang Sudibyo menyampaikan seruan untuk memperkuat kerja sama zakat global. Seruan itu dia bacakan dalam Revolusi Melaka 2018 pada hari terakhir international conference di Melaka, Malaysia, Kamis (6/12).

Forum tersebut dihadiri 300 peserta dari 28 negara. Sebagai platform gerakan zakat global, WZF memiliki peran meningkatkan akuntabilitas pengelolaan zakat dan kerja sama dalam upaya meningkatkan kesejahteraan umat, termasuk memerangi kemiskinan.

"Oleh karena itu WZF menyelenggarakan Konferensi Internasional Forum Zakat Dunia dengan tema Memperkuat Kerja Sama Zakat Global dalam Meningkatkan Kesejahteraan Umat," ujar Bambang, didampingi oleh para Deputy Secretary General WZF, dalam keterangan tertulis, Jumat (7/12).

Konferensi membahas berbagai topik kontemporer dan terkini tentang perkembangan zakat global, seperti Zakat dan SDGs (Tujuan Pembangunan Berkelanjutan), kerja sama zakat antar negara, memperkuat peran forum zakat dunia serta good amil governance, dan peningkatan transparansi dan akuntabilitas lembaga zakat.

Tidak hanya itu, konferensi tersebut juga mencatat peran zakat yang semakin meningkat dalam menyelesaikan kemiskinan global dan ketidaksetaraan. Selain itu, WZF mengusulkan pendekatan baru dengan menggunakan pilar ketiga Islam.

Berikut ini, 11 Resolusi Melaka 2018.

1. Filosofi dan nilai-nilai inti dari zakat harus benar-benar diperhatikan dalam meningkatkan kesejahteraan umat.

2. Zakat harus dianggap sebagai sumber keuangan pelengkap dalam pencapaian SDGs.

Konferensi WZF 2018 melahirkan 11 Resolusi Melaka dan juga menetapkan 10 anggota baru.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News