Xi Jinping Pilih Tak Hadiri Pemakaman Ratu Elizabeth II

Xi Jinping Pilih Tak Hadiri Pemakaman Ratu Elizabeth II
Presiden Tiongkok Xi Jinping. Foto: Reuters

jpnn.com, BEIJING - Presiden China Xi Jinping mengutus Wakil Presiden Wang Qishan menghadiri upacara pemakaman Ratu Elizabeth II pekan depan.

Pemerintah Inggris sebelumnya telah mengonfirmasi bahwa Xi adalah salah satu pemimpin asing yang diundang ke prosesi sakral di Westminster, London tersebut.

Wapres Wang pada Senin (12/9) mengunjungi Kedutaan Besar China di Inggris untuk menyampaikan pesan duka cita atas wafatnya Ratu Elizabeth II.

Wang menilai Sang Ratu sangat berperan besar dalam meningkatkan hubungan bilateral China-Inggris.

Selain penguasa pertama Inggris yang berkesempatan mengunjungi China, Sang Ratu juga telah beberapa kali menerima kunjungan para pemimpin China ke Inggris.

"Tahun ini menandai peringatan 50 tahun hubungan diplomatik antara China dan Inggris. Perkembangan hubungan bilateral telah menunjukkan kestabilan selama kedua belah pihak mengikuti prinsip saling menghormati dan saling menguntungkan," kata Wang.

Beberapa media di Inggris, Jumat (16/9), melaporkan bahwa parlemen Inggris melarang seorang anggota delegasi China yang mendampingi Wang Qishan memasuki area Westminster Hall, tempat jenazah Sang Ratu dibaringkan.

Larangan itu sebagai tindakan balasan atas sanksi yang dijatuhkan oleh China kepada tujuh anggota parlemen Inggris terkait isu Uighur di Xinjiang.

Pemerintah Inggris sebelumnya telah mengonfirmasi bahwa Presiden China Xi Jinping adalah salah satu pemimpin asing yang diundang ke prosesi sakral tersebut.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News