Xi Jinping Sudah Layak Disejajarkan dengan Chairman Mao

Xi Jinping Sudah Layak Disejajarkan dengan Chairman Mao
Presiden Tiongkok Xi Jinping. Foto: AFP

jpnn.com, BEIJING - Kongres Nasional Partai Komunis Tiongkok atau Chinese Communist Party (CCP) berakhir kemarin, Selasa (24/10). Presiden Xi Jinping bisa tersenyum lebar.

Xi Jinping Thought alias Buah Pikiran Xi Jinping resmi menjadi bagian dari konstitusi Negeri Panda. Kini Xi layak disejajarkan dengan Mao Zedong alias Chairman Mao, sang founding father.

Deklarasi resmi konstitusi baru yang dilengkapi 14 poin Xi Jinping Thought itu sekaligus menjadi pengumuman bahwa pemimpin 64 tahun tersebut akan tetap duduk di kursi presiden.

Setidaknya selama satu periode lagi atau sampai lima tahun mendatang. Di bawah Xi, Tiongkok akan terus melanjutkan misi militernya untuk menjadi yang terbesar di Asia.

Posisi Xi yang sejajar dengan Chairman Mao membuat CCP tidak akan bisa melawan pesonanya. Politburo Standing Committee sudah pasti mengukuhkan kepemimpinannya.

Dia berpotensi menjadi presiden era modern yang paling lama menjabat. ’’Bangsa Tiongkok dan seluruh rakyatnya punya masa depan yang hebat dan cemerlang,’’ kata Xi di hadapan para rekan partainya.

Tentang ekonomi, Xi punya pandangan yang berbeda dengan mendiang Deng Xiaoping. Pada 1970-an Deng memperkenalkan pilar-pilar ekonomi yang dilanjutkan dua presiden berikutnya, Jiang Zemin dan Hu Jintao.

Namun, Xi memodifikasi kebijakan tersebut. Kini, setelah memenangkan mandat untuk memimpin Tiongkok lagi, dia akan menggunakan konsepnya sendiri.

Partai Komunis Tiongkok akhirnya menjadikan buah pikiran Presiden Xi Jinping ke dalam konstitusi

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News