XL Axiata Caplok Saham Link Net

XL Axiata Caplok Saham Link Net
PT Link Net (logo). Foto Link Net

jpnn.com, JAKARTA - Dua pemegang saham terbesar Link Net, yakni Asia Link Dewa Pte. Ltd. (ALD) dan PT First Media Tbk (FM) menandatangani perjanjian jual beli saham (SPA) untuk menjual 1.816.735.484 lembar saham, pada Kamis (27/1).

Jumlah tersebut merepresentasikan sekitar 66,03 persen saham dari total modal ditempatkan dan disetor penuh kepada PT Link Net Tbk (tidak termasuk saham treasuri), kepada pembeli Axiata Investments (Indonesia) SDN BHD (AII) dan PT XL Axiata Tbk (XL Axiata).

Sesuai pengumuman publik, harga pembelian kepada ALD dan FM adalah Rp 4.800 per lembar.

Merujuk kepada pengumuman publik, setelah transaksi jual-beli berhasil dilakukan, AII akan memiliki 1.266.419.288 lembar saham dan XL Axiata akan memiliki 550.316.196 lembar saham di Link Net.

"Sesuai pengumuman publik, tanggal penyelesaian transaksi akan bergantung kepada pemenuhan atau penghapusan ketentuan oleh para pihak yang terkait seperti yang tertulis di dalam SPA," ujar Presiden Direktur dan CEO PT Link Net Tbk Marlo Budiman.

Marlo mengatakan penyelesaian transaksi ini akan memberikan kesempatan yang besar bagi Link Net bersama dengan partner baru untuk menyediakan layanan fixed line broadband dan mobile kepada pelanggan residensial dan enterprise.

"Tingkat penetrasi fixed broadband di Indonesia masih rendah dan kemampuan untuk menyediakan layanan yang lebih luas dan produk yang komprehensif akan berkontribusi terhadap pertumbuhan perseroan di masa depan dan tentunya akan membuahkan hasil bagi seluruh stakeholders," ujar Marlo.

Marlo menyebut banyak peluang sinergi untuk kedua perusahaan, mulai dari kerja sama dalam penggunaan backbone, transmisi jaringan, penyesuaian strategis tentang peningkatan pendapatan dan efisiensi biaya.

Setelah transaksi jual-beli berhasil dilakukan, AII akan memiliki 1.266.419.288 lembar saham dan XL Axiata akan memiliki 550.316.196 lembar saham di Link Net.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News