XL Axiata Siap Hadapi Lonjakan Trafik Layanan saat Libur Lebaran

XL Axiata Siap Hadapi Lonjakan Trafik Layanan saat Libur Lebaran
Petugas XL Axiata saat melakukan pemeliharaan perangkat BTS. Foto Dok XL Axiata

jpnn.com, JAKARTA - XL Axiata menyiapkan jaringan telekomunikasi dan data yang andal, untuk melayani dan menjaga kenyamanan pelanggan selama libur panjang lebaran.

Diprediksi, trafik layanan XL Axiata akan meningkat sekitar 10-20 persen dibandingkan hari biasa.

Untuk itu, XL Axiata telah melakukan uji jaringan di semua jalur utama pulang kampung dan liburan yang berada di berbagai daerah, termasuk di sepanjang Tol Trans Jawa dan Trans Sumatera.

"Momen lebaran selalu menghadirkan tantangan bagi kami sebagai operator telekomunikasi dan data karena trafik selalu melonjak cukup signifikan," ungkap Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata I Gede Darmayusa dalam siaran persnya.

Selain melonjak, tantangan lainnya adalah berpindahnya lokasi-lokasi dengan trafik tinggi ke berbagai area yang tersebar, terutama di kota-kota di Jawa dan lokasi-lokasi wisata.

"Selain perlu menambah kapasitas, kami juga harus memiliki strategi rekayasa trafik yang tepat di jaringan agar tidak terjadi congestion di berbagai lokasi dengan trafik tinggi," kata Gede.

Kata Gede, kenaikan trafik di setiap lebaran terjadi karena masyarakat Indonesia makin banyak melakukan aktivitas digital, termasuk untuk bersilaturahmi atau berlebaran di hari raya, serta mengakses berbagai sarana informasi dan hiburan.

Gede menyebut, trafik XL Axiata perlahan telah meningkat rata-rata hingga 5 persen di sepanjang Ramadan dibandingkan trafik di hari biasa.

XL Axiata menyiapkan jaringan telekomunikasi dan data yang andal, hal ini untuk menjaga kenyamanan pelanggan selama libur panjang lebaran.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News