Ya Ampun, Kapolri Jenderal Tito Diadu dengan Ulama

Ya Ampun, Kapolri Jenderal Tito Diadu dengan Ulama
Foto: Hoaks

jpnn.com, JAKARTA - Kapolri Jenderal Tito Karnavian disasar hoaks yang disebarkan akun Instagram (IG) pejuangmanis (instagram.com/pejuangmanis).

Jenderal Tito Karnavian diadu dengan ulama. Hoaks tersebut dibuat dari screenshot gambar yang seolah-olah berasal dari pemberitaan media online.

”Tito: Insyaallah Kedepannya Publik Lebih Percaya Polri daripada Ulama!!” Begitulah judul screenshot yang dibagikan oleh akun IG pejuangmanis.

Di atas tulisan judul itu, terdapat keterangan Jumat, 5 Januari 2018.

Lalu, di bawah judul terdapat foto Tito Karnavian dengan caption: ”Kapolri Jenderal Tito Karnavian dalam jumpa pers di Lobi Gedung Utama Mabes Polri, Jakarta, Jumat (3/1/2018). Ada ketidaksinkronan antara tanggal di atas judul dan caption foto.

Penelusuran Jawa Pos lewat Google, tidak ada satu pun media mainstream yang mengunggah tulisan seperti judul di atas.

Ketika pencarian dilakukan via Yahoo, ternyata ada satu blog yang menurunkan tulisan seperti judul di atas, yakni k0mpas-info.blogspot.co.id. Sudah beberapa kali Jawa Pos menemukan berita hoaks di blog tersebut.

Blog tersebut hanya menjalankan praktik click bait. Judul yang dibuat dan kontennya tidak memiliki keterkaitan sama sekali.

Kapolri Jenderal Tito diadu dengan ulama lewat hoks dengan judul yang mengarah pada upaya adu domba.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News