Yacht Club, Cara Baru Sabang Promosi Pariwisata

Yacht Club, Cara Baru Sabang Promosi Pariwisata
Peserta mengikuti parede yacht atau kapal layar dalam Sabang Marine Festival di Lhok Weng, Sabang. FOTO: Murti Ali Lingga/JPC/JPNN

jpnn.com, SABANG - Pemerintah Kota Sabang, Aceh, membuat terobosan bagus untuk mempromosikan pariwisata. Pemkot membentuk klub yatcher yang diberi nama Sabang Yacht Club.

Perkumpulan yatcher itu merupakan wadah bagi para pelaut untuk saling berinteraksi serta berbagi pengalaman.

Deputi Komersial dan Investasi Badan Pengusahaan Kawasan Bebas (BPKS) Agus Salim mengatakan, keberadaan klub yatcher itu juga untuk mempromosikan pariwisata di ujung barat Indonesia.

"Ke depan kami berharap Sabang Yacht Club akan seperti yacht club yang ada di negara tetangga seperti di Pangkor (Thailand) dan Langkawi (Malaysia) yang bernama Langkawi Yacht Club," kata Agus, Jumat (27/4).

Dia menambahkan, yatch club memiliki peranan penting dalam pengembangan destinasi wisata. Menurut Agus, Sabang Yatch Club merupakan unit usaha baru di BPKS yang akan berguna untuk mempromosikan destinasi wisata, khususnya bahari.

Selain itu, kehadiran Sabang Yacht Club juga akan memberi dampak positif terhadap perekonomian. Salah satunya membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat Sabang.

Dengan adanya Sabang Yacht Club, penduduk setempat bisa menjalani profesi sebagai tour guide maupun liaison officer (LO) lokal.

"Karena wadah ini juga berfungsi untuk melayani segala kebutuhan yachter seperti BBM, perizinan dan kebutuhan yachter lainya, tentunya ini akan menampung tenaga kerja," jelas Agus.

Pemerintah Kota Sabang, Aceh, membuat terobosan bagus untuk mempromosikan pariwisata. Pemkot membentuk klub yatcher yang diberi nama Sabang Yacht Club.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News